Lynnax Game Development Log – Zack dan Alyssa

Lynnax Game Development Log – Zack dan Alyssa

Yuu huu! Gimana kabarnya? Baik? Yeah, Me Too. Pada Lynnax Game Development Log Gw sekarang mau ngomongin Sprites kedua hero dalam Project game gw, Zack sama Alyssa. Oke, langsung saja dah ke TKP!

Sesuatu yang entah bisa sesuai dugaan gw atau enggak terjadi pada gw. Ini soal masalah DLC nih guys. Soalnya gw baru tahu kalau ternyata semua DLC pada RPG Maker hanya bisa berfungsi di RPG Maker MV versi Steam nih, guys. Sedangkan versi MV yang gw punya adalah yang versi gratisan alias yang bukan dari Steam. Jadi, DLC yang berjudul Add Ons Vol.2 yang RM2k Hero Character Pack yang isinya para hero dari RTP RPG Maker 2000 itu sama sekali gak bisa berfungsi di versi MV gw yang sekarang. Damn…

But, there’s still hope. Gw terpaksa menjalankan Plan B lebih cepat dari seharusnya. Yaitu bikin Sprites-nya menggunakan teknik Frankenspriting nih, guys. Dan kali ini tugasnya agak sulit karena gw mesti nyari bagian sprites yang cocok seperti referensi yang gw cari dari Internet. Sedangkan yang ane punya masih seadanya. Alhasil, gw hanya bisa nyari secocok mungkin dengan referensi yang ane dapat dari Internet. Dan ini dia beberapa referensi karakter yang gw kumpulkan dari berbagai sumber:

Zack

Zack (RPG Maker 2003)

Alyssa

Dan begini nih sprites-nya. Ternyata, bikin karakter dengan teknik ini gampang-gampang susah lho…. Gampangnya adalah gak perlu skill gambar yang mumpuni untuk membuat sprite yang bagus. Tinggal cari part, tempel, edit, udah. Bagian susahnya? Kalau terpaku pada referensi mesti nyari bagian yang cocok. Masalahnya, untuk mencari bagian yang cocok rada sulit lho… Ya iyalah, nyari koin lima ratus perak di tumpukan jerami aja susah, apalagi nyari part yang gw butuhkan di internet. Karena sulit nyari bagian yang cocok, ya udah pake yang alakadarnya.

Untuk Zack sendiri, gw pake rambut dari Kadokawa dan akang Maig-san. Pakaiannya ngambil dari Kadokawa untuk jaket, serta kaus dan bawahan dari Yorushi (ヨルシ). Habis itu diedit dengan menghapus bagian yang gak penting menggunakan layer mask dan mengubah warnanya menggunakan Adjustment Hue/saturation. Begini deh penampakannya.

Sprites VIPRPG Zack versi buatan gw

Untuk Alyssa lebih sulit lagi. Meski tampak simpel, ternyata bingung mau nemuin mana yang cocok. Jadinya, untuk parts-nya gw terpaksa pake yang ada dulu aja, deh. Yang penting game-nya gak sampai abandoned lagi saat gw pas SMP hingga Kuliah. Begini deh penampakannya. Kalau dilihat hasilnya, jauh banget ya dari ekspektasi gw! Overall, i’m pretty happy with result…. Seenggaknya.

Sprite VIPRPG Alyssa versi gw.
Sprite VIPRPG Alyssa versi gw. Yeah, at least i tried.

Yosh, demikian curhat soal sprites Zack sama Alyssa di Lynnax Game Development Log kali ini, nanti kalau ada update gw post disini. Oke deh, adieu alias sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *